Rabu, 18 Desember 2013

Misteri Sholat Subuh

Rahasia Subuh Bisnis Yang Tak Pernah Rugi 
Dr. Khalid Ahmad Abu Syadi Dalam bukunya Bisnis YangTak Pernah Rugi: Tips Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat dan Dr. RaghibAs-Sirjani dalam bukunya “Misteri Sholat Subuh” menuliskan beberapa keberkahan yang akan didapat bila seorang Muslim melaksanakan sholat subuh berjamaah.


Diantara waktu-waktu istimewa yang diciptakan Allah SWT untuk muslim adalahsaat subuh. Di dalamnya terkandung banyak keberkahan. Begitu mulianya waktusubuh, Rasulullah SAW secara khusus berdo’a.

“Ya Allah berkahilah umatku selamamereka senang bangun subuh,”
 (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Pahalanya sebanding dengan melakukan qiyamul lailsepanjang malam. Bangun dari tidur, lalu memenuhi panggilan adzan danmengerjakan sholat bersama dengan orang-orang yang beriman, pahalanya samadengan mengerjakan qiyamul lail sepanjang malam.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa sholat Isya’berjamaah, maka seakan-akan dia melakukan qiyamul lail tengah malam dan barangsiapa sholat subuh berjama’ah maka seakan-akan dia melakkan sholat sepanjangmalam.” (HR. Imam Ahmad dan ImamMuslim melalui Utsman bin Affan).

Cahaya di hari kiamat. Sholat subuh merupakan sumberdari segala sumber cahaya di hari kiamat. Di hari itu, semua sumber cahaya didunia akan padam. Matahariakan digulung dan bintang-bintang pun berjatuhan, sebagaimana firman Allah :

“Apabila matahari digulung. Dan apabila bintang-bintang berjatuhan.”
 (QS.At-Takwir : 1-2).

Manusia dibangkitkan dalam keadaan gelap gulita. Gelapyang berlipat ganda. Saat itu, manusia membutuhkan cahaya supaya bisa merabajalannya, agar bisa melewati kumpulan orang-orang yang begitu banyak jumlahnya.Tatkala melewati Sirath (jembatan akhirat), cahaya sangat dibutuhkan.

Rasulullah mengabarkan dalam sebuah sabdanya tentangcahaya yang dapat menyinari seorang Muslim saat kiamat nanti. Sumber cahaya ituberasal dari sholat subuh yang dikerjakan berjamaah.

“Berilah kabar gembirakepada orang-orang yang berjalan ke masjid di kegelapan malam bahwa mereka akanberoleh cahaya yang sempurna di hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimahdi dalam kitab shahihnya, dan Imam Hakim).

Dalamhadits di atas, Rasulullah menegaskan barang siapa yang berjalan di kegelapanmalam menuju tempat sholat (masjid) maka makin besarlah cahayanya dan sinarnyamakin luas pada hari kiamat. Orang mukmin megetahui bahwa menjalani kegelapan di dunia ini imbalannya adalah cahaya di akhirat. Berjalan di kegelapan malammenuju masjid tiada lain menabungkan cahaya baginya yang menerangi jalannya diatas Shirath sehingga ia dapat menyeberanginya sampai ke surga.
(Al-Ikhlas Lebakbarang)

 
Gus Is - 1hati17an.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar