Minggu, 05 Januari 2014

Sikap Dewasa

Belajar Jadi Dewasa
Kedewasaan seseorang adalah sebuah pilihan. Dimana seorang bisa dikatakan dewasa apabila dirinya dalam menghadapi masalah berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak dan tentunya kesabaran juga menjadi kunci utama seseorang menjadi sosok yang lebih dewasa. Umur bukan ukuran seseorang bisa menjadi lebih dewasa karena senyatanya di kehidupan ini umur tua belum tentu berpikir dewasa dan sebaliknya umur muda malah terkadang berpikiran dewasa.
 

Belajar lebih dewasa itu penting karena orang yang dewasa pasti bertanggung jawab dan bisa memilih antara yang baik dan yang buruk. Tidak ada salahnya mari dari sekarang kita belajar menjadi lebih dewasa, kedewasaan akan membuat orang disekeliling kita menjadi nyaman tentunya orang terdekat, orang tua, teman dan keluarga.dewasa dalam bertindak akan membuat kita lih mudah dlam mnyelesaikan msalah. Baik masalah dalam suatu hubungan dan masalah yang lainnya.
 
 Dewasa dalam suatu hubungan harus, sabar, perngertian, pengharggaan, tanggung jawab, dan, pengertian. Brikut penjelasannya:



KESABARAN
Kesabaran merupakan bentuk dari pengendalian emosi yang sangat stabil dari seorang anak manusia, kemampuan untuk tidak mudah terpancing ego atau tidak mudah terbakar amarah dalam menghadapi suatu masalah menunjukkan kemampuan seseorang untuk ber sikap dewasa atau matang dalam berpikir dan bertindak. Dalam sebuah hubungan, tanpa adanya kesabaran, sulit untuk menjalin atau menciptakan sebuah hubungan yang awet dan langgeng.



PENGERTIAN
Kemampuan untuk mengatur ego yang dimiliki dengan memberikan ruang dan waktu buat pasangan melakukan aktivitas individualnya, saling mengerti dan saling toleransi terhadap pasangan, berusaha memahami tindak tanduk pasangan serta tidak menuntut pasangan untuk menjadi pribadi di luar kemampuannya merupakan modal untuk membangun sebuah hubungan yang nyaman dan menentramkan. Sikap pengertian terhadap pasangan menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang dalam menjalin sebuah hubungan, semakin tinggi rasa toleransi terhadap pasangan maka dapat dianggap semakin dewasa dalam berhubungan.


PENGHARGAAN
Sikap tenggang rasa perlu dibangun supaya hubungan tetap harmonis. Sikap saling hormat-menghormati dan saling menghargai akan menumbuhkan rasa percaya diri, kekaguman, cinta kasih, serta dukungan yang baik bagi perkembangan hubungan. Penghargaan terhadap pasangan dalam suatu ikatan akan memberikan efek yang nyaman dan menentramkan, tentunya hal ini akan memberikan efek positif yang dapat membuat hubungan menjadi awet, langgeng dan selalu mesra.


TANGGUNG JAWAB
Hubungan yang dewasa diwarnai dengan sikap penuh tanggung jawab, di mana setiap keputusan diambil dengan sepenuh hati dan benar-benar dilaksanakan. Kesiapan untuk menerima kelebihan maupun kekurangan pasangan serta kebersediaan untuk mempertahankan hubungan supaya hubungan tetap harmonis dan tidak mengingkari janji ikatan merupakan wujud tanggung jawab yang sesungguhnya.


KEPERCAYAAN
Mempercayai pasangan adalah wujud tindakan selanjutnya dari saling mengerti yang dibangun antar pasangan. Tanpa kepercayaan berarti tidak ada pengertian dalam hubungan. Kemampuan untuk mengendalikan rasa cemburu atau kemampuan dalam memberikan kepercayaan pada pasangan merupakan wujud kedewasaan seseorang dalam sebuah hubungan. Hanya orang yang terlalu kekanak-kanakan yang mudah terbakar cemburu dan gampang kehilangan kepercayaan dengan pasangannya.


0 komentar:

Posting Komentar